Miris, Begini Penampakan Sampah yang Penuhi Teluk Jakarta

Miris, Begini Penampakan Sampah yang Penuhi Teluk Jakarta

December 12, 2018 0 By admin


Publiknote – Permasalahan sampah di Indonesia bukan masalah baru, terkhusus di ibukota. Sebagaimana diwartakan Tribunnews, Pusat Penelitian Oseanografi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (P2) LIPI) menyatakan, terdapat 18 titik lautan di Indonesia yang dicemari sampah plastik.

Data ini merujuk pada daerah di kawasan pesisir Teluk Jakarta. Tak hanya itu, pencemaran sampah plastik mencapai angka 21 ton per hari, angka yang terbilang fantastis di tingkat dunia.

Berdasarkan penelitian P2O LIPI, sampah tersebut berasal dari dua alisan sungai di Kota Satelit, Tangerang, dan Bekasi yang kemudian masuk ke Jakarta. Umumnya, sampah tersebut berasal dari kota satelit. Padahal, pengelolaan sampah oleh pemerintah kabupaten telah dilakukan dengan baik.

Kondisi ini, diperparah dengan kondisi cuaca yang buruk. Akibatnya, petugas kebersihan harus melakukan pembersihan secara berkala. Padahal, tanpa sampah kiriman total sampah Jakarta hanya berkisar 1 ton per hari.

Pembagian sampah tersebut, berasal dari jenis plastik sekali pakai. Plastik dan mikro plastik dengan kisaran ukuran 5 milimeter.

Simak video selengkapnya di atas untuk info lebih lanjut.

banner-iacpoker-baru-728x90

Baca Juga :


TOGEL