Seorang Bocah Laporkan Ayahnya ke Polisi karena Tak Buat Toilet di Rumah

Seorang Bocah Laporkan Ayahnya ke Polisi karena Tak Buat Toilet di Rumah

December 13, 2018 0 By admin


Publiknote – Apa jadinya jika sebuah rumah tak memiliki toilet? Sebagian masyarakat yang kurang mampu memang banyak yang tak membangun toilet di rumahnya. Bukan karena mereka tidak mau, tapi kadang karena keterbatasan biaya atau lahan.
Hal ini ternyata menjadi fenomena yang mengkhawatirkan di India. Sebanyak hampir 500 juta warga negara yang dikenal dengan produksi film bollywood-nya tersebut ternyata tak memiliki toilet di rumah mereka dan harus buang air besar di tempat terbuka.

Hal yang mengejutkan baru-baru ini dari fenomena tersebut adalah seorang ayah malah dilaporkan ke polisi oleh sang putri karena tidak membangun toilet di rumah mereka. Adalah Hanifah Zaara, seorang gadis yang kini duduk di kelas dua sekolah dasar melaporkan ayahnya bernama Esanullah karena tidak membangun toilet di rumah mereka. Ternyata sang ayah telah berjanji kepada Hanifa untuk bangun toilet jika anaknya itu menjadi juara kelas. Namun, hal tersebut tidak ditepati Esanullah sejak dua tahun lalu. Hanifah ditemani sang ibu akhirnya ke kantor polisi dan melaporkan sang ayah. Bocah 7 tahun tersebut mengatakan bahwa ia sudah semakin tumbuh besar dan ia malu jika harus buang air di tempat terbuka. 

Mendengar laporan ini, pihak kepolisian langsung menghubungi sang ayah yang awalnya tak tahu bahwa dirinya telah dilaporkan oleh putrinya sendiri. Inspektur Kepolisian Ambur A Valarmathi mengungkapkan bahwa Hanifah melapor ke mereka dengan membawa sejumlah sertifikat dan medali sebagai bukti prestasinya. Esanullah pun akhirnya datang ke kantor polisi pada Senin, 10 Desember lalu. Pihak kepolisian juga langsung menghubungi petugas sanitasi agar membantu keluarga tersebut membangun toilet. Laporan Hanifa ternyata mengagumkan banyak pihak termasuk pihak kepolisian dan menginsiprasi mereka untuk mendorong anak sekolah agar melakukan hal yang sama dengan Hanifa, yakni meminta orang tua membangun toilet. Pemerintah distrik pun berencana membantu Hanifah dan masyarakat di sekitar tempat tinggal Hanifa untuk mengumpulkan dana serta membangun 500 toilet disana.

Informasi lebih lengkap langsung cek video diatas.


Baca Juga :


 

TOGEL