Komen Soal Gaun Miss Thailand, YouTuber Ini Minta Maaf ke Keluarga Kerajaan

Komen Soal Gaun Miss Thailand, YouTuber Ini Minta Maaf ke Keluarga Kerajaan

December 21, 2018 0 By admin

Publiknote –Jika dulu istilah “mulutmu, harimaumu” merupakan istilah yang populer untuk orang-orang bermulut pedas, kini tercipta “jarimu, hariamaumu” sebagai istilah baru bagi masyarakat jaman digital yang suka berkomentar nyinyir. Istilah itu menggambarkan kondisi dimana banyak orang yang menggunakan sosial media bukan hanya sebagai wadah aktualiasasi diri, tapi juga untuk menyebarkan kebencian. Lebih parah lagi jika seorang influencer baik selebgram ataupun youtuber terkenal yang mengeluarkan statement miring tersebut.

Seperti yang terjadi di Thailand baru-baru ini saat ajang Miss Universe sedang hangat diperbincangkan, seorang youtuber bernama Wanchaleom Jamneanphol membuat kehebohan karena komentarnya. Pemilik akun YouTube “Mixy Bigmouth” tersebut mengomentari gaun yang dikenakan oleh Sophida Kanchanarin, Miss Thailand yang mewakili negaranya dengan komentar yang dianggap tidak baik.

Sontak hal itu mendapat respon dari banyak pihak hingga dianggap telah menghina keluarga kerajaan. Pasalnya, gaun biru yang dikenakan oleh Miss Thailand tersebut merupakan hasil rancangan dari putri raja bernama Sirivannavari Nariratana. Komentar Jamneanphol menjadi viral dan membuat seorang politisi Thailand bernama Kitjanut akan melaporkan hal ini. Ia menganggap bahwa idola di dunia maya sama saja dengan seorang aktor atau aktris yang memiliki pengaruh kepada banyak orang sehingga jika melakukan kesalahan, tidak boleh hanya sekedar minta maaf. Jamneanphol pun mulai diperiksa menurut pihak kepolisian Thailand, namun ia belum resmi mendapat tuntutan.

Setiap orang yang melakukan pencemaran nama baik dapat dituntut oleh siapa pun menurut aturan hukum di Thailand dan yang tertuduh jika terbukti melakukan kesalahan maka dapat dijatuhi hukuman dua tahun penjara. Jamneanphol lalu menghapus komentarnya dan menuliskan permintaan maaf kepada monarki. Ia mengungkapkan penyesalannya dan mengaku tidak bermaksud menghina sang putri dan monarki. Ia berjanji akan lebih berhati-hati dan bijak dalam membuat komentar atau konten YouTube kedepannya.

Simak penjelasan lengkapnya di video diatas.


Baca Juga :