Wajahnya Mirip dengan Perampok, Pria Ini Jadi Korban Salah Tangkap

Wajahnya Mirip dengan Perampok, Pria Ini Jadi Korban Salah Tangkap

December 22, 2018 0 By admin

Publiknote – Nasib naas bisa saja menimpa siapapun dan kapanpun itu. Hal ini ternyata dialami oleh seorang pria asal Kansas City, Amerika Serikat yang terpaksa menghabiskan 17 tahun hidupnya di dalam jeruji besi padahal dirinya tak bersalah. Pria bernama Richard Anthony Jones itu memulai hukumannya sejak tahun 1999 silam. Saat itu seorang wanita parkir Walmart, di Roeland Park dirampok oleh seorang pria yang mirip dengan Jones.

Wanita itu berusaha bertahan dan memegang erat tasnya, tapi pelaku berhasil mengambil ponsel korban hingga wanita tersebut terjatuh. Aksi perampokan itu kemudian dinyatakan sebagai perampokan yang parah. Para saksi mata menyebutkan ciri-ciri pelaku yang sangat mirip dengan Jones yang rambutnya dikuncir dengan wajah khas Afrika-Amerika atau Latin.

Dua pengacara dan para pendukung Jones menemukan bukti bahwa ada seorang pria yang mirip Jones tinggal di dekat Walmart.

Lalu mereka menyodorkan bukti itu kepada pihak kepolisian pada 2017. Kemudian pada tanggal 19 Desember 2018 Jaksa Agung Kansas, Derek Schimt akhirnya menyetujui bukti tersebut. Jones pun diberikan kompensasi atas kasus tersebut. Hal ini berdasarkan aturan UU negara tersebut dimana mereka yang dihukum karena hakim keliru memberikan putusan maka akan memperoleh kompensasi.

Jones mendapatkan sekitar 1,1 juta dollar AS atau setara dengan 15,9 miliar rupiah dan sertifikat yang menyatakan bahwa ia tidak bersalah. Ditambah juga dengan jaminan perawatan medis untuk kesehatan Jones selama dua tahun. Sedangkan pelaku sebenarnya kini telah ditemukan yang bernama Ricky Lee Amos yang memang tinggal di dekat Walmart.

Simak penjelasan lengkapnya pada video diatas.


Baca Juga :