Gara-gara Status Medsos Bocah SMP, Pura di Sumbawa Dirusak Massa

Gara-gara Status Medsos Bocah SMP, Pura di Sumbawa Dirusak Massa

December 26, 2018 0 By admin

Publiknote – Menjelang perayaan Hari Besar Hindu Galungan, sebuah bangunan Pura dirusak oleh sejumlah massa di Desa Lunyuk, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Minggu (23/12) lalu.

Dalam video yang diunggah oleh akun Twitter bernama @ni4sist, massa terlihat melempari Pura tersebut dengan bebatuan dari pinggir jalan. “Pengerusakaan pura terjadi didesa Lunyuk Kab. Sumbawa Besar Prov. NTB 23/12/2018 pukul 13.00 wita. Info post FB,” tulis keterangan akun tersebut pada Senin (24/12).

Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) melalui Ketua Sabha Walaka Parisada, I Nengah Diana, membenarkan adanya insiden tersebut. Nengah menjelaskan bahwa peristiwa itu berawal dari tulisan di status media sosial milik anak kelas tiga SMP yang beragama Hindu di Luyuk.

Status tersebut dianggap menistakan agama Islam sehingga menyulut emosi massa hingga kemudian melakukan perusakan Pura. Meski begitu keadaan di lokasi kini sudah kondusif kembali setelah ditangani oleh pihak berwajib setempat.

“Sebetulnya yang membuat status di medsos itu, berita awal yang menyebabkan ketersinggungan itu, dia tidak ada di tempat. Kelihatannya itu sudah dilokalisir masalahnya dan tidak menyebar. Sudah kondusif sekarang, karena semua pihak saling berkunjung, berdialog,” jelas Nengah kepada portal berita KBR.

Simak video lengkapnya di atas.


Baca Juga :