Operasi Pengangkatan Tumor Otak, Pasien Ini Malah Sambil Main Gitar

Operasi Pengangkatan Tumor Otak, Pasien Ini Malah Sambil Main Gitar

December 27, 2018 0 By admin

Publiknote – Sebuah kejadian yang tak biasa terjadi ditengah proses operasi seorang pasien di Afrika Selatan. Pasien bernama Musa Manzini tersebut merupakan seorang musisi jazz. Ia diserang penyakit tumor otak sehingga harus melakukan operasi pengangkatan tumor. Namun, diselah-sela operasi berlangsung, Musa malah diberikan gitar dan memainkannya. Tim dokter memutuskan untuk memberikan bius lokal atau yang biasa disebut dengan Awake Craniotomy.

Oleh karena itu, pria yang menjalani proses pengobatan di Rumah Sakit Pusat Inkosi Albert Luthuli di Durban tersebut bisa memegang gitar seperti biasanya dan mulai memetik nada-nada. Dokter ahli bedah saraf, Dr Rohen Harrichandparsad menyatakan bahwa pasien yang melakukan aktifitas seperti itu ditengah proses operasi berlangsung dapat membantu para dokter dalam mendeteksi area mana saja yang tidak boleh dilukai dan memastikan bahwa operasi berjalan dengan lancar.

Musa diberikan gitar saat proses operasi yang memakan waktu berjam-jam telah hampir usai. Dalam proses ini, dokter memberikan rangsangan dengan aliran listrik ringan untuk melihat respon pasien. Jika pasien tidak dapat bereaksi dengan berbicara saat arus listrik diberikan, itu pertanda bagi para dokter untuk tidak boleh melukai area tersebut.Proses operasi seperti ini telah beberapa kali dilakukan kepada pasien yang berbeda.

Ada yang diminta bernyanyi selama proses operasi di Belanda dan ada pula yang bermain saksofon saat operasi di Spanyol. Dokter bedah lainnya, Dr Basil Enicker mengatakan bahwa tingkat keberhasilan operasi tumor otak Musa mencapai 90%. Pasiennya itu dinyatakan telah kembali ke rumahnya dan dalam proses pemulihan.


Baca Juga :