Protes Izin Bangunan, Warga Ramai-ramai Datangi Sebuah Gereja di Medan

Protes Izin Bangunan, Warga Ramai-ramai Datangi Sebuah Gereja di Medan

January 14, 2019 0 By admin

Publiknote – Umat Kristiani yang sedang beribadah di Gereja Bethel Indonesia Jemaat Filadelfia Jalan Permai 4 blok 8 Griya Martubung no. 31 Kelurahan Besar, Kecamatan Medan Labuhan, Kota Medan, didatangi oleh ratusan orang pada Minggu (13/1) pagi.

Kejadian tersebut menjadi viral usai direkam dan diunggah ke Instagram oleh @eunikeyulia. Dalam video yang berdurasi sekitar 3 menit itu, terlihat sejumlah jemaat gereja dan massa yang berdatangan saling cekcok.

“Ketika kami ingin memulai ibadah pagi, gereja kami diserang oleh warga yang berbeda keyakinan, dan memaksa gereja untuk ditutup. Mereka memaksa untuk mengacaukan ibadah kami,” kata Eunike di keterangan videonya.

Sementara itu menurut Kapolsek Medan Labuhan Kompol Rosyid Hartanto, keributan itu disebabkan karena adanya perubahan fungsi bangunan rumah menjadi tempat ibadah yang kemudian diprotes warga setempat.

“Kami turun langsung ke lokasi dan memberikan pesan Kamtibnas agar warga jangan terpancing emosional sehingga tak melakukan tindakan anarkis. Bukan ditutup, tapi pendirian gereja tersebut tidak sesuai dengan aturan, yaitu belum ada izin,” kata Rosyid kepada Tribunnews.

Aksi protes berakhir setelah ada Surat Penyataan bermaterai yang ditandatangani oleh Pendeta Jan Fransman Saragih.

Simak video selengkapnya di atas.


Baca Juga :