Begini Rintangan Penyelam TNI AL saat Evakuasi Kotak Hitam Lion Air JT610

Begini Rintangan Penyelam TNI AL saat Evakuasi Kotak Hitam Lion Air JT610

January 17, 2019 0 By admin

Publiknote – Kotak Hitam kedua Lion Air JT610 yang berisi rekaman suara pilot (CVR) berhasil ditemukan pada Selasa (15/1) tidak jauh dari lokasi jatuhnya pesawat di Perairan Karawang, Jawa Barat. Penyelam dari Dinas Penyelamatan Bawah Air (Dislambar) TNI AL Koarmada I, Serda Satria Margono Susato, menceritakan kronologi evakuasi kotak hitam tersebut.

Serda Satrio adalah orang yang pertama kali menemukan keberadaan CVR Lion Air JT610 di dasar laut.  Ia bersama tiga penyelam lainnya melakukan penyelaman sejak pukul 8.26 WIB.

Satrio mengatakan tidak mudah menemukan kotak hitam karena masih banyak puing-puing pesawat di bawah laut. “Kami mengira-ngira saja. Kemarin dari KNKT diberitahu warnanya oranye. Nah setiap warna oranye ya kami angkat saja. Ternyata itu CVR,” katanya.

Selama proses evakuasi yang memakan waktu selama 20 menit, Satrio menyebut jarak pandang yang menjadi kendala utama karena banyaknya lumpur yang terangkat dan terbawa arus air.

“Kendalanya ya jarak pandang saja. Kemarin (Minggu) paling parah. Visibility 0 ya kemarin. Arusnya juga cukup deras,” ujarnya.


Baca Juga :