Penjelasan Sejarah Kelam di Balik Peringatan Hari Buruh

Penjelasan Sejarah Kelam di Balik Peringatan Hari Buruh

May 2, 2019 Off By admin

Publiknote – Penjelasan sejarah kelam di balik peringatan hari buruh. Tanggal 1 Mei diperingati sebagai hari buruh internasional atau yang lebih dikenal dengan sebutan MayDay. Pada saat itu para pekerja atau buruh melakukan demo untuk menuntut kesejahteraan seperti kenaikan gaji ataupun tunjangan kesehatan.

Aksi demonstrasi yang dilakukan oleh buruh tidak lepas dari sejarah Mayday itu sendiri. Peristiwa mayday diawali pada tahun 1886. Pada bulan April menjelang tanggal 1 Mei 1886 sebanyak 50.000 pekerja melakukan aksi mogok kerja. Mereka menuntut 8 jam kerja per hari.Aksi mogok kerja itu berlangsung berhari-hari.

Puncaknya terjadi pada tanggal 4 Mei 1886 di lapangan Haymarket Chicago illinois Amerika Serikat. Perekonomian Chicago yang lumpuh akibat aksi mogok kerja berhari-hari membuat pemerintah merasa perlu bertindak tegas. Pemerintah mengerahkan polisi yang kemudian menembak para demonstran secara membabi buta.

Sebanyak 4 orang tewas dan korban luka-luka yang tidak terhitung jumlahnya. Peristiwa ini kemudian diperingati tiap tanggal 1 Mei sebagai rasa penghormatan kepada para buruh yang sudah menjadi korban. Simak videonya dibawah ini


Baca Juga :